4.1. Sikap

  1. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius ;
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika;
  3. Memiliki kepribadian dan jati diri bangsa;
  4. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan Pancasila;
  5. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
  6. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  7. Bekerjasama dan memiliki kepekaan social serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  8. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
  9. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
  10. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
  11. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.

4.2. Ketrampilan Umum

  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
  4. Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
  5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
  6. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya;
  7. Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya;
  8. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri;
  9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

4.3. Ketrampilan Khusus

  1. Mampu mengaplikasikan konsep, teori dan metode sosiologi (kulitatif dan kuantitatif) serta pemanfaatan IPTEKS dalam menganalisis persoalan persoalan sosial budaya, politik, kependudukan dan pembangunan
  2. Mampu mengidentifikasi, merumuskan solusi secara tepat mengenai persoalan sosial budaya, politik, kependudukan dan pembangunan
  3. Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan informasi dan data dalam memilih berbagai alternatif solusi penyelesaian persoalan sosial budaya, politik, kependudukan dan pembangunan
  4. Mampu menganalisis sesuatu keadaan atau masalah sosial secara objektif. Analisis sosial diarahkan untuk memperoleh gambaran lengkap mengenai situasi sosial dengan menelaah kaitan-kaitan histories, structural dan konsekuensi masalah dan akan  diketahui sejauh mana terjadi perubahan sosial, bagaimana institusi sosial yang menyebabkan masalah-masalah sosial, dan juga dampak sosial yang muncul akibat masalah sosial
  5. Mampu belajar sepanjang hayat, mampu berpikir analisis dan sintesis dengan memperhitungkan dampak penyelesaian masalah di lingkup global dalam berkehidupan bermasyarakat, mampu memberikan rekomendasi penyelesaian masalah secara tepat dalam proses pembangunan berkelanjutan
  6. Mampu menerapkan strategi pengembangan masyarakat melalui pemanfaatan modal sosial, sumberdaya manusia dan sumberdaya alam  secara individu maupun kelompok
  7. Mampu menjadi lulusan yang adaptif, interaktif, kritis dan kreatif dengan pemanfaatan multimedia serta mampu menjadi motor penggerak masyarakat sehingga mereka mampu berinisiatif untuk memulai proses kegiatan sosial untuk memperbaiki situasi dan kondisi diri sendiri
  8. Mampu memahami karakterisitik masyarakat pesisir serta merumuskan upaya pengembangan sosial, ekonomi serta pariwisata pesisir

4.4. Penguasaan Pengetahuan

  1. Mampu menguasai konsep teoritis sosiologi secara umum dan konsep teoritis bidang-bidang kajian sosiologi
  2. Mampu menguasi Paradigma Sosiologi beserta teori-teori yang tergabung didalamnya dengan baik, serta mempunyai kemampuan penggunaaan teori yang tepat dalam menganalisis permasalahan sosial, kependudukan, politik dan pembangunan
  3. Mampu menguasai metode dan pendekatan penelitian sosiologi dengan baik, serta menguasai mekanisme dan langkah-langkah penelitian sosial dengan tepat dalam mengkaji tentang sosial budaya, politik, kependudukan dan pembangunan
  4. Mampu menguasai konsep-konsep dasar, perencanaan, pelaksanaan dan implementasi program pengembangan dan pembangunan masyarakat
  5. Mampu memformulasikan langkah-langkah untuk mengatasi masalah-masalah sosial sebagai dampak dari pembangunan, perubahan sosial budaya dan politik.
  6. Mampu menguasai konsep-konsep dasar kajian masyarakat pesisir dan mampu mengembangan strategi pembangunan sosial ekonomi serta pariwisata pesisir
  7. Mempunyai kemampuan berbicara di depan umum/presentasi yang baik (kemampuan verbal dan non verbal)